Pages

Sabtu, 15 Oktober 2011

Kuliner Cirebon

Empal Asem
Empal asem berbeda dengan empal gentong, kalo empal gentong berkuah santan sedangkan empal asem ini berkuah bening mirip sayur sop tapi yang membedakan rasa kuahnya sedikit asem karena ditambahi belimbing wuluh.. rasanya segar! Bagi yang tidak suka santan, pilihan empal asem ini sangat cocok. Disajikan bisa dengan nasi atau lontong.
Empal asem ini dapat ditemukan disepanjang jalan Plered - Tengahtani,  yang menuju arah ke kota. Empal asem yang tekenal adalah 'Empal Asem Amarta'.






Teh Poci

Kalo anda ingin nongkrong sekedar minum teh, pilihan yang tepat adalah minum teh poci. Teh yang khas disajikan dalam poci yang terbuat dari tanah liat, dengan sajian gula batu berbentuk kristal dan potongan jeruk nipis. Gula batu sengaja disajikan terpisah didalam cangkir, sehingga kita menuang sendiri tehnya ke dalam cangkir. Rasanya mantap dan segar apalagi bila ditambah perasan jeruk nipis.

Teh poci ini dapat ditemukan disekitar keraton kasepuhan, biasanya malam hari tempat ini ramai dikunjungi orang2 yang sekedar ngobrol santai.




Tahu Gejrot
Tahu gejrot ini dapat ditemukan di hampir setiap sudut Kota Cirebon. Bentuknya berupa irisan tahu yang disantap bersama saus gula merah. Sebelum air gula dituangkan, biasanya penjual mengulek gula merah dan cabe rawitnya. Kemudian bumbu yang diulek tersebut dituangi air gula merah. Setelah itu baru dituang ke dalam irisan tahu. Konon, nama Tahu Gejrot diambil dari cara memberi saus yang digejrotkan (dikeluarkan dari botol melalui lubang dengan cara dikocok-kocok).
Tahu untuk kuliner ini sangat khas, tahunya kosong ditengah dan aroma tahupun khas sekali. 


Kuliner lainnya yang ada dicirebon antara lain :
- Mie Koclok
- Nasi jamblang
- Empal Gentong
- Nasi Lengko
- Docang
- Gado-gado Ayam
- Ketoprak

0 komentar:

Posting Komentar